Kampanye Imunisasi MR, Tolak Campak dan Rubella

26 September 2017 23:16:19 WIB

Jatiayu (SIDA)  : Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR)  adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun,  tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. 

Campak dan rubella merupakan penyakit infeksi yang sangat menular yang disebabkan oleh virus campak dan rubella.  Penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia),  radang otak ( Esefalitis) , kebutaan, gizi buruk,  dan bahkan kematian. 

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak,  akan tetapi bila menulari ibu hamil pada tri semester pertama dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal dengan sebagai Sindroma rubella Congenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketuliaj, dan keterlambatan perkembangan. 

Imunisasi MR pada lembaga TK, SD, dan SMP akan dilaksanakan di sekolah sekolah pada bulan Agustus dengan jadwal yang akan ditentukan oleh Puskesmas, sedangakan untuk anak usia dini (PAUD)  akan dilaksanakan pada bulan September di Posyandu. 

Mari kita sukseskan program Nasional Imunisasi MR bulan Agustus September 2017, satu vaksin untuk mencegah 2 penyakit sekaligus melindungi buah hati kita dari kesakitaj, kecacatan, dan kematian karena penyakit campak dan Rubella. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung