Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Warga Kedungdowo Mengadakan Kenduri

02 Desember 2017 05:41:44 WIB

Jatiayu (SIDA) : Hari ini Jumat 1 Desember 2017 bertepatan dengan Penanggalan Jawa 12 Robiul Awal yang merupakan tanggal lahirnya Nabi Agung Muhammad S.A.W yang disebut dengan Maulid Nabi. Acara kenduri ini dilaksakan setelah Sholat Jumat.

Di Padukuhan Kedungdowo, tradisi Nguri-nguri Budaya Jawi mengikuti ajaran Sunan masih dilaksanakan dengan nama Muludan yaitu kenduri membawa sedekahan berupa nasi, sayur, lauk pauk dan rempeyek yang diletakan di nampan kemudian dibawa ke Balai Padukuhan dan didoakan oleh Kaum atau Rois yang mengabulkan sedekahan tersebut kemudian dimakan bersama-sama oleh warga. Sebanyak 174 warga yang hadir,bukan hanya bapak-bapak yang hadir namun ibu-ibu juga ikut berpartisipasi karena mewakili suaminya yang tidak bisa datang, karena yang penting kebersamaan dan kekompakan warga.Acara tersebut dipimpin oleh bapak Kepala Dusun Kedungdowo oleh bapak Sutadi.

Tujuan sedekahan ini selain untuk melestarikan kebudayaan juga untuk saling merekatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan sesama warga. Tradisi Muludan ini dilaksanakan rutin setiap tahun oleh warga masyarakat. Mungkin bukan hanya di Padukuhan Kedungdowo saja tapi diseluruh wilayah D.I.Yogyakarta melaksakan hal tersebut karena itu merupakan perintah Sultan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung