Operator SID dan Kasi Pelayanan Desa Jatiayu Mengikuti Verval BDT 2017 di Kecamatan
07 Desember 2017 10:12:15 WIB
Jatiayu (SIDA) : Pada hari Kamis 7 Desember 2017 bertempat di aula kecamatan Karangmojo diadakan pelatihan Verifikasi dan validasi data BDT (Basis Data Terpadu) tahun 2017.
Acara ini berdasarkan Surat dari Bappeda nomor 893/00737 tertanggal 27 Nopember 2017.
Pelatihan ini diikuti oleh 9 desa yang ada di kecamatan Karangmojo, dan masing-masing desa mengirimkan 2 personil yaitu Kasi Pelayanan dan operator SID.
Untuk desa Jatiayu mengirimkan Subandi selaku Plt Kasi Pelayanan dan Eliyani Teguh Handayani staf Kaur Perencanaan selaku operator SID.
Dalam pelatihan ini tebagi menjadi dua kelompok yaitu Kasi Pelayanan dilatih tentang pendataan dan operator dilatih untuk entry hasil pendataan.
Dalam Verval data BDT ini harus melalui beberapa tahap yang harus dilalui dan dicermati sehingga menghasilkan data yang valid dan diharapkan akhir bulan Desember dapat terselesaikan.
TAHAP PELAKSANAAN VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA BASIS DATA TERPADU
KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017
1. Pelatihan Verval data BDT tingkat kecamatan.
2. Mencetak :
a. Daftar BDT 2017 oleh Desa melalui SID
Pelaksana : Operator SID
Penanggung jawab : Ketua TKPK Desa
Hasil : Daftar Basis Data Terpadu (BDT) 2017 (Form: PBDK2017.FKP.01)
b. Daftar BDT 2017 (data Kemensos /SIKS-NG offline) yang tidak beririsan dengan BDT 2016
dan Daftar Basis Data Terpadu (BDT) 2016 untuk data yang tidak ber NIK oleh Bappeda.
Hasil : Prelist Basis Data Terpadu (BDT) 2017 (Form: PBDK2017.FKP.02) rangkap 2 (dua).
3. Rapat Koordinasi TKPK Desa Tahap I
a. Peserta : Seluruh pengurus TKPK Desa, RW, RT, Petugas pendata, Operator SID.
b. Kegiatan:
1) Mencermati daftar BDT 2017 (Form: PBDK2017.FKP.01) oleh seluruh peserta
rapat koordinasi untuk menentukan Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang
akan dibahas dan diputuskan dalam forum musyawarah padukuhan:
a) RTS yang diduga status kesejahteraannya berubah (Meningkat status
kesejahteraannya dan/atau status kesejahteraannya dianggap
tidak layak masuk dalam daftar)
b) RTS yang kepala rumah tangganya berubah.
c) RTS yang jumlah dan/atau komposisi anggota rumah tangga (ART) berubah.
2) Mencermati daftar BDT 2017 Form: PBDK2017.FKP.02 tentang keberadaan
Rumah tangga di Desa tersebut. Jika ditemukan adanya ketidaksesuaian data
(dobel nama, meninggal,pindah, tidak ditemukan) tidak dilakukan verval.
- Lembar 1 untuk diverval di Padukuhan
- Lembar 2 untuk arsip di Desa
3) Operator SID melakukan entry data hasil pencermatan Form: PBDK2017.FKP.01
kemudian mencetaknya dan dibagikan untuk dilakukan verval di tingkat Padukuhan.
4) Penjelasan cara pengisian form Verifikasi dan Validasi BDT 2017
(Form: PBDK2017.RT.GK)
c. Penanggung jawab : Ketua TKPK Desa
d. Hasil :
Tanda terima pembagian prelist dan form verval (Form: PBDK2017.RT.GK)
sesuai dengan jumlah RTS dalam prelist.
Berita acara hasil pencermatan Form: PBDK2017.FKP.01 dan Form: PBDK2017.FKP.02
4. Verifikasi RTS sesuai prelist
a. Pelaksana : RT atau tokoh masyarakat yang ditunjuk sebagai Verifikator RTS
b. Penanggung jawab : Dukuh selaku Pokja Data dan Pengaduan TKPK Desa
c. Hasil : Hasil Verifikasi RTS dengan menggunakan Form : PBDK2017.RT.GK
yang telah diisi secara lengkap dan benar.
5. Musyawarah padukuhan
a. Peserta : Dukuh, RT, RW dan Tokoh Masyarakat dan/atau kelompok marjinal
(perempuan, difabel, kelompok miskin).
b. Kegiatan :
1) mencermati kelengkapan dan kebenaran isian form Verval BDT 2017
(Form : PBDK2017.RT.GK).
Bila ditemukan data yang belum sesuai dengan kondisi yang ada
agar diputuskan dalam Musyawarah padukuhan ini.
2) menuangkan hasil verifikasi validasi RTS dalam Berita Acara.
c. Penanggung jawab : Dukuh selaku Pokja Data dan Pengaduan TKPK Desa.
d. Hasil :
1) Form: PBDK2017.RT.GK yang telah diverifikasi dan validasi.
2) Berita acara hasil verifikasi dan validasi Form: PBDK2017.RT.GK.
6. Pengiriman Berita Acara dan berkas hasil verifikasi validasi RTS ke TKPK Desa
a. Pelaksana dan Penanggung jawab : Dukuh selaku Pokja Data dan
Pengaduan TKPK Desa
b. Hasil : Bukti tanda terima pengiriman berita acara dan berkas hasil verval
7. Rapat Koordinasi TKPK DesaTahap II
a. Peserta : Seluruh Pengurus TKPK Desa
b. Kegiatan:
1) Mencermati kelengkapan, kesesuaian isian dan jumlah
Form : PBDK2017.RT.GK dengan berita acara dari tingkat Padukuhan.
2) Menuangkan hasil verifikasi validasi ke dalam berita acara.
3) Membuat rekapitulasi hasil verifikasi dan validasi.
c. Penanggung jawab : Ketua TKPK Desa
d. Hasil :
1) Rekap hasil verifikasi dan validasi.
2) Berita Acara hasil verifikasi dan validasi.
8. Entry data hasil Musyawarah TKPK Desa
a. Pelaksana : Operator SID
b. Kegiatan : Mengentry data Form PBDK2017.RT.GK dengan menyertakan
hasil dokumentasi (Foto)
berdasarkan hasil rakor tingkat desa.
c. Penanggung jawab : Ketua TKPK Desa
d. Hasil : Semua data hasil verifikasi dan validasi sudah masuk dalam SID
disertai dokumentasi (Foto) Form PBDK2017.RT.GK
9. Pengiriman Berita Acara dan Rekap Hasil Verifikasi Validasi Data Tingkat Desa ke TKPK Kecamatan
a. Pelaksana : Kepala Seksi Pelayanan Desa
b. Penanggung jawab : Ketua TKPK Desa
c. Hasil : Tanda terima bukti pengiriman berita acara dan rekap hasil verval
10.Pengiriman Data BDT 2017 Hasil Verifikasi dan validasi TKPK Desa ke Kabupaten
a.Pelaksana : Operator SID
b.Penanggung jawab : - Kasi Pelayanan Desa (Online),
- Kasi Kesos Kecamatan (Offline) berupa hardcopy rekap hasil verval
c. Hasil : Terinputnya data hasil verval di SID
11.Verval dan Intergrasi Data Hasil Verifikasi dan validasi TKPK Desa oleh TKPKD
a.Pelaksana : TKPKD
b.Penanggung jawab : Pokja Data TKPKD
c.Hasil : Terintegrasinya data Hasil Verifikasi dan validasi TKPK 144 Desa
di SIKAB GUMREGAH
Komentar atas Operator SID dan Kasi Pelayanan Desa Jatiayu Mengikuti Verval BDT 2017 di Kecamatan
Ya mudah mudahan adanya validasi RTS ini tidak menjadikan gejolak dibawah amiin
Formulir Penulisan Komentar
Pencarian
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | |
Kemarin | |
Pengunjung |
- Monitoring Safari Stunting melalui Posyandu
- MONITORING DAN EVALUASI REFORMASI KALURAHAN
- Lounching ILP (Integrasi Layanan Primer) Posyandu Nyawiji
- SARASEHAN SI BAKUL DINAS KOPERASI DAN UMKM
- HIDUP SEHAT DENGAN GERMAS SADAR PANGAN AMAN
- PENGUMUMAN HARI LIBUR
- PEMERINTAHAN KALURAHA JATIAYU NDEREK MANGAYUBAGYO ADEGING NGAYOGYOKARTO KAPING 269 YOGYAKARTA ISTIME