Upacara Adat Bersih Sumur Di Dusun Wonotoro

11 April 2019 20:54:56 WIB

Jatiayu ( SIDA ) : Pada hari Kamis tanggal 11 April 2019 warga dusun Wonotoro mengadakan acara adat bersih sumur yang pelaksanaannya ada di  tiga titik yaitu Sumur Mati, Sumur Salak dan Sumur Kuang.

Acara tersebut di adakan satu tahun sekali tepatnya setelah musim panen padi. Pertama- tama di adakan doa bersama di pimpin oleh sesepuh dusun yaitu mbah Cip, Setelah itu, semua yang hadir di situ makan bersama dengan menggunakan pincuk daun pisang dengan bertukar menu makanan karna tidak boleh ada makanan yang masih utuh, semua harus berkurang/dimakan. Menu makan yang di sajikan biasanya berupa nasi ketan/biasa dengan lauk oran, tempe, tahu bacem, urap dan telur rebus.

Tradisi ini adalah sebagai perwujudan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah dan untuk menghormati leluhur yang di percaya ada di sumur tersebut karena mata airnya bisa mengairi sawah dan menjadi sumber air untuk warga sekitar.

Menurut mbah Cip, upacara adat tersebut harus di lestarikan karena sudah turun-temurun dari zaman dahulu, dan harapannya semoga musim panen tahun depan lebih memuaskan lagi.(Evi)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung